Cara Mengatasi Imei Hilang Android

backup-imei
Cara mengatasi imei hilang khususnya pada smartphone Android sebetulnya bisa dikatakan tidak mudah apabila sebelumnya tidak dilakukan backup imei untuk gadget yang bersangkutan. Meskipun banyak tips yang dibagikan di internet tentang cara mengembalikan imei android yang hilang, atau dengan memakai aplikasi seperti "Chamelon", belum tentu semua itu bisa berhasil mengembalikan imei android yang telah hilang.

Sebab itu, cara yang paling aman adalah selalu membackup imei sebelum kamu melakukan root, upgrade, ataupun flash. Resiko sering terjadinya hilang imei lebih banyak ditemukan pada smartphone Android produk Cina, seperti Oppo, Mitto, dll. Biasanya pengguna yang suka otak atik HP, dan sering mengganti perangkat lunak bawaan pabrik dengan custom rom, lebih sering mengalami kasus kehilangan imei pada androidnya.

Nah dikesempatan ini, saya ingin berbagi tips cara membackup imei android agar aman. Khususnya bagi para pengguna yang suka nge-flash atau sering gonta ganti firmware dengan custom rom. Ada aplikasi yang cukup mumpuni yang sering saya gunakan dan selalu berhasil melakukan backup imei android. Nama aplikasinya adalah "MobileUncle", yang bisa kamu download langsung dari HP melalui play store, atau kalau mau cepat bisa kamu download aplikasinya pada link di bawah.

Download MobileUncle.Apk

Cara Backup Imei Android

Untuk melakukan backup imei install dulu aplikasi MobileUncle di gadget androidmu. Jangan lupa pastikan HP Android kamu sudah di root. Kemudian buka aplikasinya, klik pada menu "Backup Imei", lalu pilih di mana kamu ingin menyimpan file hasil backup tersebut. Sebaiknya simpan pada SDCard supaya lebih aman. File backup imei tersebut bernama imei.bak. Jika ingin lebih aman lagi sebaiknya salin file imei.bak dan simpan di komputer kamu.

Jika suatu saat kehilangan imei setelah melakukan flash, upgrade, atau mengganti firmware asli dengan custom rom, kamu tinggal install lagi saja aplikasi MobileUncle di android tersebut, lalu buka aplikasinya dan pada menu backup imei klik restore. Bagimana sangat mudah bukan, selamat mencoba.

Cara ini lebih aman ketimbang kamu kehilangan imei sebelum membackupnya. Sebab dari beberapa kasus hilangnya imei pada smartphone android yang pernah saya tangani, tidak semua cara yang di share di internet berhasil mengembalikan imei yang hilang.

Tidak ada komentar